Saturday, February 13, 2016

5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Setelah sebelumnya telah membahas mengenai manfaat buah pete bagi kesehatan, kali ini saya akan menambah wawasan kita tentang manfaat buah jengkol. Jengkol (Archidendron Pauciflorum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Jengkol adalah buah yang dapat menimbulkan bau yang khas pada urine setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar.
Mungkin karena baunya yang khas dan menurut sebagian orang jengkol memiliki bau yang tidak sedap, banyak orang yang tidak menyukai jengkol. Tapi anda jangan salah, dibalik baunya yang khas itu jengkol memiliki sekian banyak manfaat yang mungkin sebagian besar dari anda belum mengetahuinya. Beberapa diantara manfaat buah jengkol yaitu :

1.    Jengkol dapat membantu mengobati penyakit jantung koroner.Karena di dalam jengkol terdapat berbagai vitamin, mineral jengkolat, dan serat yang tinggi. Jengkol juga memiliki khasiat diuretic yang dapat membantu melancarkan pembuangan urine. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk. Mengkonsumsi jengkol bagi para penderita jantung koroner, namun jangan terlalu banyak. Sedikit namun rutin.
2.     Melangsingkan perut yang buncit.
Apabila anda sulit BAB maka tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi jengkol, karena jengkol memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan BAB.
3.    Menjaga kesehatan tubuh.
Didalam jengkol terdapat berbagai kandungan vitamin, yakni vitamin A, B6, dan B12. Adapun setiap vitamin tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B mampu menjaga kestabilan organ dalam tubuh, dan vitamin B12 mampu memberikan perlindungan optimal bagi persendian.
4.    Manfaat jengkol bagi ibu hamil.
Didalam jengkol terdapau kandungan vitamin B6 atau asam folat yang juga dapat berperan dalam pembentukan janin dan membuat pertumbuhan janin semakin optimal, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi jengkol karena bisa mengurangi cacat pada bayi.
5.    Manfaat jengkol untuk diabetes.
Jengkol dapat mengontrol gula darah dalam tubuh karena kandungan gula yang ada pada jengkol akan mudah sekali berubah menjadi energi karena mudah terurai. Fruktosa atau gula tubuh akan terurai secara maksimal sehingga tidak ada penimbunan gula yang dapat menimbulkan resiko diabetes.
Selain beberapa manfaat jengkol di atas, jengkol juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara melunturkan racun-racun yang ada pada jantung. Berbagai penghalang yang ada pada pembuluh darah akan dibersihkan sehingga akan memperlancar pembuluh darah.
Itulah beberapa manfaat buah jengkol yang berhasil saya rangkum. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment

Coment